Minggu, 16 Oktober 2011

Interaksi sosial (tugas ISD)


Interaksi sosial
·         Pengertian interaksi sosial:
Hubungan sosial (saling aksi atau mempengaruhi) yang dinamis antara orang perseorangan dan orang perseorangan, antara perseorangan dan kelompok dan antara kelompok dan kelompok.(sumber: kutipan buku Sosiologi SMA untuk kelas x; penerbit esis).

contoh Interaksi sosial:

                                                                                              (gambar 1)
                Dalam gambar ini terlihat adanya interaksi sosial antara individu dengan kelompok.
Gambar ini adalah foto saat seorang arsitek sedang menggelar pameran di out door, terlihat disini bahwa pengujung tertarik dengan pameran yang tengah diselenggarakan. Pada interaksi sosial, terdapat syarat agar dapat terciptabya interaksi sosial yaitu dengan adanya kontak sosial, kontak sosial ada yang bersifat positif, namun ada pula yang bersifat negative. Pada ganbar ini, kita dapat melihat bahwa yang sedang terjadi adalah kontak sosial yang bersifat positif, karena mengarah pada suatu kerja sama.
            Pada gambar ini terlihat para pengunjung pameran memiliki ketertarikkan yang berbeda -beda pada setiap barang yang dipamerkan, hal ini disebabkan karena pemikiran dan kepribadian masing masing individu dalam menilai karya karya tersebut

            Jika pada gambar 1 terlihat interaksi sosial yang bersifat positif, pada gambar 2 akan terlihat intraksi sosial yang bersifat negatif.
                                                                          (gambar 2)
            Pada gambar 2 ini terihat adanya interaksi sosial anatara kelompok dengan kelompok.
Gambar ini menunjukkan sedang terjadinya tawuran antar sekelompok pelajar dengan kelompok pelajar yang lainnya. Hal ini menunjukkan adanya interaksi sosial yang bersifat negative, karena mengarah pada suatu pertentangan atau konflik.
            Pada kejadian ini sebenarnya sangat merugikan kedua kelompok karena tidak membawa dampak yang positive untuk kedua kelompok tersebut. Kegiatan interaksi sosial yang membawa dampak buruk dan tidak bermanfaat sebaiknya kita jauhkan, karena hal ini hanya dapat membuang waktu kita, yang seharusnya kita dapat memanfaatkan waktu kita dengan kegiatan yang positive dan menghasilkan sesuatu  yang bermanfaat, hal ini menjadikan waktu kita terbuang sangat sia sia.
            Sebagai manusia  sebaiknya kita melakukan sebuah hal yang bersifat positve, selain menguntungkan diri sendiri, hal yang positive juga dapat menguntungkan bagi ndividu lain atau pun kelompok lain.
            Sesutau yang bersifat positive maka akan berdampak positive, maka pula sebaliknya sesuatu yang bersifat negative maka akan berdampak negative.
(sumber gambar 1 dan gambar 2: www.google.com)

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar