Minggu, 16 Oktober 2011

Ruang Sosial (Tugas ISD)


Ruang Sosial
            Ruang sosial adalah tempat terjadinya interaksi sosial antara individu dengan individu, individu dengan kelompok, dan kelompok dengan kelompok.
            Ruang sosial biasanya di desain atau dibuat dengan senyaman mungkin. Contoh ruang sosial adalah ruang tamu. Seperti gambar di bawah ini,




            Pada gambar ini ruang tamu didesain senyaman mungkin. Karena pada umumnya di Indonesia ruang pertama pada rumah yang akan didatangi atau dilewati adalah bagian ruag tamu. Ruang tamu berfungsi sebagai tempat untuk menjamu tamu yang berkunjung kerumah sang pemilik. Ruang sosial sangat berpengaruh dengan keberlangsungan adanya interksi sosial. Selain kenyamanan, faktor menarik atau tidaknya ruang sosial juga sangat penting, karena kenyamanan dan kemenarikan sebuah ruang sosial itu sedikit banyaknya berpengaruh dengan interaksi yang terjadi saat itu, misalnya seseorang yang berkunjung ke sebuah rumah namun keadaan ruang tamu sangat kotor, atau ruang tamu tidak tertata dengan rapih maka yang terjadi adalah tidak terciptanya rasa nyaman saat berkunjung kerumah tersebut. Namun sebaiknya, sesorang berkunjung ke sebuah rumah yang ruang tamunya bersih, meskipun kecil namun jika tertata dengan rapih, akan timbul rasa nyaman pada diri orang tersebut. Contoh – contoh ruang sosial adalah: Ruang tamu, ruang kelas, pasar swalayan, rumah sakit, dsb..
(sumber gambar : www.google.com)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar