Selasa, 09 Oktober 2012

arsitektur lingkungan - aspek pemakai

Arsitektur Lingkungan

   Dalam Arsitektur Lingkungan ada beberapa aspek yang harus di perhatikan, aspek tersebut adalah Aspek pemakai/manusia

   Aspek ini adalah aspek terpenting yang harus diperhatikan pada saat adanya pembangunan sebuah bangunan, karena bangunan yang baik adalah bangunan yang memiliki kegunaan yang sesuai dengan fungsinya.
   Aspek manusia juga dapat mempengaruhi rancangan dan design dari sebuah bangunan tersebut. mulai dari proses pemrograman hingga hasil designnya.
Fungsi bangunan juga didapat dengan cara melihat dan mengumpulkan data dari aktivitas si pemakai, kebiasaan, hoby, budaya, pekerjaan dsb.
Untuk itu agar bangunan berfungsi dengan baik maka beberapa hal tersebut harus sangat di perhatikan.
   Dalam pembangunan sebuah bangunan keselamatan para pemakai atau manusia yang ada di dalam atau disekitar bangunan tersebut harus sangat di perhatikan dan di perhitungkan, karena sudah banyak kasus dimana saat sedang beroprasinya sebuah bangunan, malah terjadi kerusakan yang menyebabkan runtuhnya atau robohnya sebuah bangunan. Hal ini dapat menyebabkna jatuhnya korban jiwa.
   Beberapa contoh bangunan yang runtuh dan merugikan pemakainya:



Gambar diatas merupakan sebuah contoh dimana fasilitas umum (Jembatan Kutai Kartanegara) yang telah dibangun dan dirancang dengan sedemikian rupa dapat hancur. Mungkin juga dapat dikarenakan faktor alam atau mungkin keteledoran dari sang pembuat. Hal ini angat merugikan pemakai atau pun manusia.
Maka untuk itu kita harus belajar dari pengalaman yang ada agar hal yang seperti ini tidak terulang lagi, dengan cara lebih memperhitungkan segala sesuatu yang diperlukan agar tidak memakan koban jiwa lagi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar