Selasa, 09 Oktober 2012

Arsitektur Lingkungan-Aspek Sosial Budaya

Arsitektur Lingkungan

Menurut Aspek Sosial Budaya

Jika kita membicarakan masalah Sosial Budaya,di Indonesia banyak sekali budaya yang kita miliki, maka dari itu bangunan bangunan di indonesia memiliki beberapa cirir khas yang menggambarkan kebudayaan masing masing.

Menyangkut dengan pengaruhnya aspek sosial budaya dengan bangunan adalah bangunan yang tercipta dari aspek sosial budaya dapat terlihat dari bentuk bangunan nya seperti berikut:

gambar diatas adalah salah satu contoh rumah joglo yang biasanya ada di pedesaan. Namun pada rumah joglo yang bisanya hanya dapat kita lihat di desa, pasa zaman modern ini kita dapat melihat rumah joglo ini ada ditengah perkotaan. Kehidupan sosial budaya di perkotaan yang sangat tinggi dapat mempengaruhi sebuah design.
 
melihat gambar diatas berikut ini rumah yang bergaya modern dapat di padu padankan dengan gaya tradisional. Ini adalah salah satu dampak dimana unsur kebudayaan masih digunakan dalam bentuk perancangan rumah.
Hal ini menjadikan design rumah tersebut meenjadi lebih unik karena perpaduan antar dua gaya yang berbeda. Namun disamping itu kehidupan masyarakat dikota dan di desa sangatlah berebeda. Dengan adanya rancangan atau design tradisional yang ada di kota dapat meengelompokan dan mencerminkan kebudayaan yang dimilki sang pemillik. Indonesia di kenal dengan rasa bhineka tunggak ika yang artinya meskipun berbeda beda tetap satu jua, itu lah yang menyebabkan besarnya rasa saling menghargai  satu sama lain meskipun berbeda beda suku, dan kebudayaan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar