Selasa, 31 Maret 2015

BALAIKOTA – BOGOR


BANGUNAN KONSERVASI

“BALAIKOTA – BOGOR”




Jawa Barat, Bogor . Siapa yang tidak tau kota Bogor ini, si kota penghujan yang selalu ramai akan wisatawan asing maupun lokal. Kota Bogor terdapat di provinsi Jawa Barat, Indonesia. Terdapat bangunan yang memiliki nilai hystorical yang tinggi yang menjadi perhatian sebagai bangunan konservasi. “Penjajahan?” ya salah satu alasannya pada saat zaman penjajahan, bangunan peninggalan bekas PD I lah yang rupanya merajalela di kota Bogor ini. Namun hal tersebut sudah menjadi sejarah bangsa saat ini.


Beberapa peninggalan Belanda yaitu pada bangunan Balaikota Bogor. Gedung Balaikota Bogor lokasinya berada di Jl. Ir. H. Juanda No. 10, Kota Bogor, merupakan gedung warisan kolonial Belanda yang dibangun pada tahun 1868. Semula nama bangunan ini adalah Societeit, lalu setelah merdeka menjadi markas Korem Surya Kencana, dan sejak 1975 menjadi Gedung Balaikota Bogor.

Bentuk Gedung Balaikota Bogor ini memiliki gaya Kolonial Belanda. Tetapi sekarang telah mengalami renovasi dan penggabungan gaya arsitektur Sunda dan Eropa. Fasade bangunan berwarna putih disertai dengan pilar – pilar yang ramping pada bagian muka bangunan, ber-atap rendah, dan pada badan bangunan menggunakan profil geometrik yaitu pada bagian dahi jendela dan pintu, sedangkan pada bagian kaki / bawahnya di beri sentuhan batu alam.


Area lahan bangunan seluas  +/- 9.060 m2  telah banyak mengalami renovasi baik pada area halaman dan bangunan itu sendiri sehingga terdapat penggabungan gaya arsitektur pada bangunannya yaitu arsitektur Sunda dan Eropa.  Saat ini bangunan berfungsi sebagai Kantor Pemerintahan Kota Bogor, dan sering pula digunakan untuk kegiatan-kegiatan khusus lainnya di Kota Bogor seperti upacara bendera saat peringatan HUT Kemerdekaan RI.


Balaikota sendiri terdiri dari beberapa gedung, gedung tersebut diantaranya :
1.Gedung utama (Balaikota)
2.Masjid At-taqwa
3.Kompleks perkantoran
4.Gedung kemuning gading.
5.Gedung rapat 2

Sumber:
http://www.thearoengbinangproject.com/wisata/gedung-balaikota-bogor/

https://ismiy.wordpress.com/2012/07/10/konservasi-arsitektur-3/

1 komentar:

  1. untuk dikoreksi, tidak ada unsur sunda yang ada pada bangunan ini.. penggunaan batu alam pun tidak nampak pada bangunan :) tolong dianalisa lebih dalam lagi, ya... nuhun

    BalasHapus