Kamis, 02 April 2015

KONSERVASI FULLERTON HOTEL-SINGAPUR

Konservasi Bangunan ASEAN
FULLERTON HOTEL-SINGAPUR”


Gedung Fullerton terletak di lokasi puncak antara Sungai Singapura dan Teluk Marina, di sudut Raffles Place yang terkenal sebagai pusat komunitas finansial Singapore.
Bangunan yang saat ini lebih dikenal sebagai Hotel Fullerton, didesain oleh Keys & Dowsell dan dibangun pada tahun 1927-1928. Tujuh puluh tahun kemudian bangunan tujuh lantai ini dianugerahi status sebagai bangunan konservasi. Bangunan Fullerton ini dibangun pertama-tama pada tahun 1829 dengan fungsi sebagai Benteng di mulut Sungai Singapura guna mempertahankan dan menjaga Singapura. Nama Benteng Fullerton diambil dari nama Sir Robert Fullerton, Gubernur pertama dari The Straits Settlement of Singapore. Benteng ini kemudian diberikan kepada pemerintah di tahun 1874 sebagai Kantor Pos Pusat Pertama (Central Post Office) dan Kantor Perdagangan (The Exchange). Benteng ini kemudian selesai direnovasi sebagai bangunan lengkap pada tahun 1928.


Penggunaan pertama Bangunan Fullerton adalah pada saat anggota Kantor Perdagangan, Dewan Komisaris Perdagangan dan anggota Klub Singapura (Singapore Club) mulai memesan berbagai fasilitas di lantai-lantaii atas termasuk akomodasi. Sayap bangunan yang terdiri dari kamar-kamar tidur mulai diminati khalayak sesaat setelah Gubernur Shenton Thomas dan Lady Thomas tinggal disana setelah Istana diserang oleh pasukan lawan pada tahun 1942. Pada tahun 1950-an Plaza Fullerton merupakan lokasi dimana Mr. Lee Kuan Yew sering mengadakan kampanye-kampanye politik yang mengundang banyak perhatian masyrakat dan wisman yang sedang menikmati makan siang di Raffles Place. Dengan selesainya pembangunan pada tahun 1928, Bangunan Fullerton memulai fase barunya dalam mengukir sejarah. Restorasi sebuah benteng menjadi sebuah hotel memberika Kota Singapura sebuahLandmark , yang kemudian lebih dikenal sebagai The Fullerton Singapore. Peninggalan kebudayaan yang kental dalam arsitekturnya memperlihatkan kemapanan dan keseuaian bangunan ini sebagai sebuah hotel megah yang berbintang enam. Fullerton Singapore memiliki asset yang tak ternilai yaitu lokasi . Lokasi prima dari Fullerton Singapore di jantung Distrik Civic , sepadan dengan kekayaan sejarahnya. Lokasi strategis karena terletak di antara pusat kota lama dengan pusat kota baru Singapura.
Selain lokasi tersebut mengandung nilai sejarah yang tak ternilai, yang mampu menonjolkan Fullerton Singapore sebagai sebuah titik pusat aktivitas komersial pada hari-hari kerja di Singapura. Terletak di muka Raffles Place, distrik bisnis dan finansial yang terkenal, Fullerton Singapore sendiri tampak apik dengan kedekatannya pada pusat-pusat budaya seperti Teater Victoria, Concert Hall, Teater Esplanade di Teluk dan museum-museum seni lainnya. Dari bangunan inipun seorang dapat menikmati pemandangan ke arah Boat Quay , salah satu pusat aktivitas hiburan malam hari di Singapura. Lokasinya paralel dengan stasiun bawah tanah Raffles Place Mass Rapid Transit (MRT) dalam jarak berjalan kaki. Pencapaian dengan kendaraan pun mudah baik dengan kendaraan pribadi dari Nicol Highway atau taksi dari Sungai Singapura. Di masa yang akan datang, Fullerton Singapore akan mempunyai nilai tambah dengan perluasan dan penambahan area waterfront dengan kehadiran The Merlion Park dan Waterboat House  yang akan dibangun pada sisi Sungai Singapura serta pengembangan reklamasi pantai di Collyer Quay  di gerbang pusat kota baru. Parsel watefront ini akan menawarkan lebih banyak lagi pusat-pusat perbelanjaan dan pemandangan menakjubkan ke arah Teluk Marina.


Sumber:

http://www.academia.edu/6958359/ESKURSI_PRESERVASI_KONSERVASI_RENOVASI_PADA_PEMELIHARAAN_BANGUNAN_DI_SINGAPURA_DAN_MALAYSIA

Tidak ada komentar:

Posting Komentar